2 Alasan Logis Kenapa Harus Mengenal Alat Musik Indonesia


Kalau kita menemukan ada orang yang tidak suka dengan kesenian Indonesia, maka kita jangan langsung memberikan vonis kepada mereka. Mungkin saja mereka menjadi bagian komunitas yang belum sadar dan paham. Alangkah baiknya kita berikan nasehat atau penjelasan mengapa harus mengenal alat musik dinegera sendiri.
Dampak dari penjelasan yang kita berikan kepada mereka bisa saja tidak langsung mereka terima atau mereka langsung menerima dan mempraktekkannya. Jika ini terjadi, maka kita harus bersyukur. Namun apa yang harus kita lakukan jika mereka belum mau terima?
Yang penting kita jangan terbawa oleh emosi dalam bertindak. Semua memang membutuhkan proses, ada yang cepat dan ada yang butuh waktu. Biarlah proses yang berbicara. Sedangkan kita sudah melakukan hal yang terbaik untuk menyelamatakan generasi Indonesia yang apatis terhadap seni dalam negeri, tapi malah suka dengan kesenian dari luar negeri.

Alasan Harus Mengenal Alat Musik Indonesia

Alasan ini hanya berlaku bagi mereka yang tidak mau mencari - cari alasan sebenarnya. Sedang bagi mereka yang mau membuka pikirnnya, alasan dibawah ini sangat perlu di ketahuinya.
Simak informasinya dibawha ini.

1. Bagian Kesenian Nusantara

Karena hal tersebut adalah bagian dari kesenian nusantara yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Ini merpakan satu kesatuan yang penting untuk diketahui. Kita tidak bisa suka dengan satu alat musik di Aceh dan membenci alat musik di Papua. Tentu ini bukan sikap yang bijaksana.
Dimana pun dan dari mana pun alat musik itu, yang penting diketahui bahwa ada mereka para leluhur kita yang sudah mewariskannya kepada kita sebagai penerus bangsa. Kita bisa menghidar, tapi harus diingat bahwa jika kita kita tidak merawatnya, maka ada ada orang atau negara yang jahil dan mau mengklaim sebagai milik mereka. Dan ini sudah pernah terjadi, jangan sampai terulang lagi. Buka pulau saja yang bisa di klaim, kesenian pun bisa.
Berdasrkan data di Google, ada sekita 34 nama alat musik tradisional Indonesia. Lihat gambar dibawah ini.
Terkait dengan kata kunci alat musik di Indonesia yang diambil pada mesin pencari Google, 27/8/2020

Data diatas sudah pasti tidak bisa mewakili kebenaran sehingga bisa dilakukan koreksi. Menurut data lain, jumlahnya diatas 50 alat musik, bahkan bisa lebih. Lihat data berikut ini.
Lihat kalimat yang diberi warna merah. Ada 50 alat musik Indonesia.

Logikanya begini, jumlah propinsi di Indonesia ada 34 propinsi, maka jika 1 propinsi ada 1 alat musik saja, sudah 34 alat musik. Dan yang terjadi ada lebih 1 alat musik pada setiap propinsi.

2. Rasa Kecintaan kepada Bangsa

Lahir dan hidup di Indonesia dari kecil sampai bersa. Bahkan meninggal pun akan di Indonesia. Wajarkah tidak ada rasa cinta? Tentu tidak wajar. Seorang warga negara harus benar – benar mencintai bangsa dan negaranya serta hal yang terkait lainnya. Tentu saja terkait dengan kesenian dan budaya. Kesenian bisa berupa alat musik Indonesia dan budaya bisa merupa pakaian daerah yang ternyata banyak warga negara lain menyukainya.
Memunculkan rasa cinta memang bukan perkara mudah. Butuh waktu dan energi yang tidak sebentar. Namun bisa saja cinta itu hadir tanpa kita tebak kapan waktunya. Inilah yang diharapkan kepada mereka untuk mencintai kesenian Indonesia.
Kenal merupakan tahap pertama untuk munculnya rasa cinta. Maka proses sosialisai tentang akat musik Indonesia harus terus digulirkan dari waktu kewaktu, jangan pernah lelah. Pemerintah harus mendukung segala aksi dalam rangka menngenalkan kesenian Indonesia, baik pada tingkat lokal sampai dengan nasional, bahkan bila perlu tingkat internasional.
2 alasan diatas kami pikir sudah pas untuk diinternalisasi kedalam diri manusia Indonesia untuk menjadi Indonesia seutuhnya. Dan juga sebagai bentuk nasionalisme.


Tidak ada komentar untuk "2 Alasan Logis Kenapa Harus Mengenal Alat Musik Indonesia"