Mengenal Alat Musik Batak Toba

Yuk kenali beberapa alat musik daerah Batak Toba untuk menambah wawasan. Simak informasinya berikut ini.

1. Sarune Bolon

Sarune Bolon merupakan jenis alat musik tiup alat musik tradisional suku Batak Toba yang merupakan bagian dari propinsi Sumatera Utara. Ada pun teknik memainkan alat musik ini bisa Anda pelajari dengan mudah. Namun kami tetap sarankan Anda untuk belajar dengan guru seni yang profesional jika Anda benar - benar ingin mahir dalam memainkannya.

Sarune Bolon kegunaanya sebagai pembawa melodi utama. Adapaun seniman yang memainkan Sarune Bolon biasa disebut "parsarune".

Untuk menghasilkan musik yang bagus, maka orang yang memainkan Sarune Bolon harus punya nafas yang panjang. Saat bunyinya keluar tidak putus - putus.

2. Hesek

Hesek termasuk dalam klasifikasi alat musik idiophones. Alat musik ini terbuat dari logam atau fragmen logam kadang-kadang dipukul dengan botol kosong. Hesek memiliki peran sebagai dukungan alat musik tempo kesian Batak Toba.

3. Ihutan

Ihutan adalah alat musik tradisional yang mirip dengan Batak Toba antusias. Ihutan biasanya digunakan bersama dengan tiga (3) berpencu lainnya Gung dalam satu set musik tradisional Batak Toba. perbedaan tingkat Ihutan dan teknik lainnya adalah suara dan bermain Gung.
Ihutan memiliki ukurn diameter 31 cm, dengan diameter sekitar 11 cm dan sekitar 8 cm pencu tebal. Irama alat musik Ihutan konstan dan meraung dengan gung Oloan. Gung biasanya dimainkan dengan tongkat kayu ditutupi dengan kain atau karet.

4. Hasapi

Hasapi dua string diklasifikasikan ke dalam instrumen Chordofone (suara media yang berasal dari string bergetar), kecapi (alat leher), dimainkan oleh dipetik (boot) dengan menggunakan alat seleksi (jaman dahulu dibuat tanduk kerbau memiliki digantikan oleh pick gitar), Hasapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu Hasapi Ende / Goon (Hasapi yang berfungsi sebagai melodi pembawa umumnya bulkier) dan Hasapi Doal (Hasapi menjabat sebagai peniru suara irama Gong dan bermain umumnya kurang dari Hasapi Ende).

5. Gondang

Gondang terdiri dari 6 sampai 9 drum yang disusun berurutan dimulai dengan terkecil sampai yang terbesar. Alat musik ini terbuat dari kayu yang dilapisi sisi sepotong kulit binatang sapi atau kerbau.
Dalam setiap drum akan memiliki ukuran yang berbeda dari satu ke yang lain. Komposisi instrumen ini adalah yang terkecil sampai yang terbesar di sisi kiri ke kanan untuk mendapatkan ritme yang tepat ketika bermain. Saya NI alat musik biasanya dimainkan dalam upacara suku Batak Toba

6. Odap

Musical Instruments Batak Toba berikut adalah ODAP. ODAP adalah dalam bentuk drum memiliki dua sisi sebagai variable rate operator. Alat musik ini terbuat dari semangka dan sapi kayu, dan ikat pinggang yang terbuat dari rotan. ODAP memiliki ukuran tinggi sekitar 34 -37 cm dan diameter 26 cm dari satu sisi membran, dan diameter membran 2 cm untuk sekitar 12 -14.

Instrumen ODAP diklasifikasikan sebagai milik membranophone tersebut. Cara untuk bermain adalah bagian dari baterai terpasang ke kaki, dan kemudian memukul dengan tongkat. Alat musik ini biasanya dimainkan untuk lagu-lagu tertentu di Gondang Sabangunan yang sering digunakan ketika parade.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Alat Musik Batak Toba"