3 Tujuan Mengenal Seni dan Budaya Indonesia

Banyak orang yang suka dengan seni dan budaya Indonesia namun tidak tahu apa tujuan sebenarnya. Padahal dengan mengetahui tujuan, kita dapat banyak manfaat dari apa yang dilakukan. Maka dari itu, artikel ini coba menyampaikan beberapa poin mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, bagi yang belum memberikan like pada fanpage kami, silahkan di like dulu ya.

Tarian Indonesia (inibaru.id)

Baiklah, langsung saja kita bahas mengenai tujuan yang dikesempatan ini akan kami sampaikan 3 saja. Simak informasinya dibawah ini.

1. Memahami Sejarah

Hal yang penting adalah sejarah dari mana asal seni dan budaya berawal, siapa yang buat dan apa yang melatar belakanginya. Biasanya, ada beberapa versi sejarah, namun kita bisa megambil benang merah dari keduanya.

2. Mengenal Lebih Dekat

Ada orang Bule sebut saja namanya Beti warga Spanyol. Suatu saat ia berlibur ke Indonesia dan Bali jadi tempat berliburnya.

Singkat cerita, Beti jatuh hati dengan kesenian Indonesia yang bernama Gamelan. Karena rasa penasaran yang tinggi, Beti pun memutuskan untuk mengenal lebih dekat lagi tentang kesenian Indonesia dengan kuliah di Pergutuan Tinggi dengan mengambil jurusan Seni.

Jika orang luar negeri sampai sebegitunya, bagaimana dengan kita?

3. Menjaga dan Melestarikan

Ini sangat penting. Beberapa kesenian Indonesia pernah di klaim oleh negara lain sebagai hak cipta mereka. Kalau kita merawatnya dengan baik, maka hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Jika terjadi pun kita bisa mengatisipasinya.

Dengan kita lestarikan, maka kita akan punya generasi masa depan yang suka tidak kehilangan eksitensi diri. Mereka bisa dengan bangga mengenal apa saja seni dan budayanya. Tanpa harus latah ikuti kesenian dari luar negeri.

Tidak ada komentar untuk "3 Tujuan Mengenal Seni dan Budaya Indonesia"